VIOLENT COMMUNICATION: KEKERASAN DALAM KOMUNIKASI

“Kamu tuh gak becus”
“Masa gini aja ga bisa, kamu lulus SD gak sih?”
“Karena kamu ini semua pekerjaan jadi berantakan!”
“Kayaknya kamu gak bisa deh ngerjain ini”

Pernah gak sih kalian mendapatkan kata-kata di atas, baik dari atasan, guru, orangtua, atau bahkan partner sendiri?  Sebagian orang menganggap ini hal yang biasa, sebagian lagi dan mungkin bagian ini lebih banyak yang memasukan dalam hati, merusak mood kerja, merasa rendah diri, terbebani atau bahkan sampai depresi.

Pernahkah kalian sadari bahwa ini termasuk kekerasan dalam berkomunikasi, kekerasan yang tidak menggunakan fisik tapi rasanya lebih pahit daripada fisik. Berikut share sedikit tentang klasifikasi kekerasan dalam komunikasi, apa dampak nya dan bagaimana memperbaikinya

Secara garis besar ada empat bentuk kekerasan:
1. Fisik,
Kekerasan fisik didefinisikan sebagai ancaman atau tindakan kekerasan fisik oleh orang lain.
2. Emosional
Pelecehan emosional bersifat memaksa perilaku verbal dan non-verbal seperti penghinaan atau membanting pintu yang tidak diarahkan pada tubuh fisik tetapi emosi dan perasaan harga diri,
3.Seksual,
Pelecehan seksual dipaksa atau perilaku seksual dipaksakan.  
4.Penelantaran.
Penelantaran adalah penolakan dasar perawatan manusia yang dibutuhkan untuk hidup sehat. Penelantaran bisa emosional atau fisik. Penelantaran ditandai  oleh perbedaan kekuatan dengan pelaku dalam posisi unggul dari kekuasaan atas disalahgunakan.

Kekerasan komunikasi merupakan bagian dari kekerasan emosional. Kekerasan dalam komunikasi adalah komunikasi yang membatasi kebebasan, menyangkal pengakuan, mengurangi nilai dari seseorang, dan / atau tidak punya rasa iba

Kekerasan dalam komunikasi seringkali merupakan hasil dari menggunakan bahasa manipulatif atau koersif yang menginduksi rasa takut, rasa bersalah, malu, pujian, menyalahkan, tugas, kewajiban, hukuman.

Kekerasan dalam komunikasi terjadi dalam berbicara dan mendengarkan (dan dalam berpikir, melalui self-talk atau membayangkan percakapan)

Klasifikasi kekerasan dalam komunikasi (dalam contoh):
1.    Penilaian moralistis dan evaluasi dari orang lain
Termasuk menghina, menempatkan orang-orang bawah, pelabelan, mengkritik, mendiagnosis, atau melihat seseorang sebagai "salah."
 “Murid-murid saya sangat malas.”
“Badu memahami materi. Mengapa kamu tidak bisa?”
“Saya berharap Anda orang yang lebih seperti murid kelas sebelah.”
“Kamu hanya bekerja sesuai sistem, berusaha untuk lulus tanpa melakukan pekerjaan”

2.    Mengelak tanggung jawab atas perasaan kita sendiri, pikiran, dan tindakan
Termasuk menyalahkan perasaan, pikiran, dan tindakan pada orang lain, tidak jelas, wewenang, kebijakan, aturan, peraturan, sosial atau jenis kelamin, atau tidak terkendali impuls bukan pilihan dan kebutuhan kita sendiri
"Saya harus memecat Anda karena Anda melewatkan terlalu banyak hari"
Lihat, gak mungkin bagi saya untuk mengubah “kelas” Anda."
Saya tidak bisa memberikan sebuah “ujian make-up” karena itu bukan kebijakan saja".
"Aku benci siswa gagal, tapi itulah yang terkadang setiap guru miliki

3.    Tuntutan
Termasuk ancaman tersirat atau eksplisit menyalahkan, hukuman
 "Jika Anda tidak mengubah makalah Anda tepat waktu, Anda akan gagal"
 " Jika Anda tidak di sini untuk belajar, Anda harus pergi"
 " Jika Anda menyelesaikan tugas awal ini, saya akan memberikan lima poin bonus"

Lalu apa yang terjadi jika kita melakukan kekerasan dalam komunikasi?
Jika kita berbicara keras kepada orang lain, mereka dapat melakukan apa yang kita inginkan dengan ketakutan kita merangsang, bersalah, malu, pujian, menyalahkan, tugas, kewajiban, hukuman, atau reward. Meskipun kita dapat mengendalikan orang lain dengan cara ini,

Sementara itu, sang pemberi kalimat tentu saja tidak pernah sadar secara psikologis bahwa kata-katanya  sudah menyakiti hati sang lawan bicara, hal ini sering kali terjadi karena orang tersebut sedang berada dalam tekanan atau depresi, sehingga semua yang terlontar dalam kalimat nya adalah kalimat negative.

Apabila, kita mencoba untuk empati, dan tidak terpengaruh dengan semua itu sebagai lawan bicara mungkin lebih baik. Tetapi akan lebih baik jika setiap pekataan yang keluar dari setiap komunikasi adalah kalimat positif

Hukum Tarik-Menarik menyatakan bahwa orang yang berpikir positif akan menarik segala sesuatu yang positif dalam hidup ini. Sebaliknya, orang yang berpikir negatif akan menarik segala sesuatu yang negatif dalam hidup ini.

Ibnu Qayyim berkata:
  • Perhatikan pikiranmu, karena ia akan menjadi perbuatan.
  • Perhatikan perbuatanmu, karena ia akan menjadi kebiasaan.
  • Perhatikan kebiasaanmu, karena ia akan menjadi watak.
  • Dan perhatikan watakmu, karena ia akan menentukan nasibmu.


 @justvannesa

0 comments: