Makan Malam Dengan Suasana Berbeda di Pulau Dewata


          Pulau dewata (Bali), mungkin jadi salah satu destinasi wajib para turis lokal Indonesia ataupun Mancanegara, pulau ini merupakan icon pariwisatanya Indonesia, kalau yang udah sering mengunjungi pulau ini dan ingin melihat suasana lain dari pulau ini selain tempat-tempat wisatanya saya punya rekomendasi tempat makan malam/dinner yang sedang happening banget di Bali

1.    Menega Café, Jimbaran

Seafood pasti jadi menu wajib kalau lagi di Bali, siapa yang nggak kenal daerah Jimbaran, deretan restoran pinggir pantai dengan pemandangan bandara Ngurah Rai Bali, sehingga sambil menyantap makanan kita selalu dimanjakan dengan pemandangan pesawat yang hilir mudik dari bandara. Cantik!

Dari parkiran jimbaran, mungkin kita tidak bisa menebak restoran mana yang recommended karena bentuknya hampir semua sama, dan agak tertutup, tetapi kalau kita sudah masuk ke salah satu restoran kita bisa tahu mana restoran yang paling banyak dipenuhi pengunjung, karena semua resoran akan berjejer di area pantai Jimbaran.

Menega Café salah satunya, merupakan salah satu restoran teramai yang ada di Jimbaran, saking penasaran nya saya coba masuk dan beruntungnya saya dapat tempat duduk paling depan di bibir pantai, sehingga pemandangan saya ke arah bandara maupun pantai tidak terhalang oleh meja-meja lainnya.

Sebelum mencari tempat duduk, kita bisa langsung memesan, seafood yang kita mau di area depan restoran, karena saya sudah lapar dan antrian nya panjang, maka saya memutuskan untuk mengambil paket saja. Satu paket dihargai 150ribu untuk satu orang, tapi karena makan saya tidak banyak, saya mengambil satu paket untuk berdua.

Sambil menunggu makanan tiba, kita bisa menikmati “pengamen Jimbaran” yang mungkin bisa disebut sebagai “Jimbaran Orkestra” karena pengamen ini mempunyai peralatan musik yang lengkap sampai cello dan jembe. Lagu-lagunya pun sangat enak, kita bisa juga meminta mereka datang ke meja kita dan kita request langsung lagu yang kita inginkan. Sangat romantis bagi yang kesini dengan pasangan, atau bersama keluarga dan teman-teman.

Tidak perlu menunggu lama, makanan datang. Ternyata satu paket itu sangat banyak, terdapat 2 udang besar, 3 tusuk sate cumi, 4 kerang, dan 1 ikan besar, pas untuk porsi berdua. Soal rasa boleh diadu, enaaaakkk banget. Tak lupa disajikan juga makanan penutup beberapa potongan buah segar melon dan semangka.

Menega café ini sangat memuaskan hasrat untuk makan seafood di tepi pantai dengan deburan ombak dan pemandangan yang indah di Bali.



2.    Motel Mexicola, Seminyak

Namanya saja motel, tetapi sepenuhnya ini bukan penginapan, melainkan café ala mexico yang mempunyai design interior berwarna warni ala pop art. Café ini letaknya sangat terjangkau karena berada di kawasan wisata Seminyak

Pertama kali masuk kita akan disuguhkan sebuah foto orang mexico berserta berbagai jenis lilin warna warni, kita akan disambut oleh para pelayan yang sudah berdiri di depan café, dan mengarahkan ke tempat duduk yang kebanyakan konsep nya sharing table. 80% pengujung disini adalah bule-bule dari berbagai macam Negara. Musik alunan mexico pun juga ikut menyambut para tamu.

Menu makanan disini cukup unik, karena semua makanan nya berasal dari Mexico sehingga untuk membaca buku menu yang berbahasa mexico pun mungkin agak sulit, dan perlu asistensi dari pelayan café untuk menterjemahkan menu tersebut.

Kebetulan saya bertemu dengan Mbak Tika, pelayan café yang senantiasa ramah untuk merekomendasikan makanan dan minuman yang khas dari motel mexicola, mbak Tika menawarkan paket menu snacks dengan 4-5 pilihan menu yang bisa dinikmati untuk 2 orang, seharga 150ribu per orang sudah termasuk minum, atau menu dinner dengan 5-6 pilihan menu ditambah satu makanan utama yang bisa dinikmati 2 orang, seharga 180-190ribu per orang sudah termasuk minum

Semua menu ini dipilihkan oleh mbak Tika, seperti “surprise menu”, saya memilih paket snacks menu untuk berdua. Menu starter pertama adalah crepes udang bertabur sayur dengan baluran mayonnaise dan jeruk nipis di atasnya,dimakan seperti makan crepes yang digulung, dan apabila suka bisa ditambahkan saos mexico yang dapat menambahkan rasa pedas di lidah.

Menu kedua adalah jagung bakar parut dengan taburan keju dan saos mexico di atasnya, disajikan di sebuah cup kecil, selayaknya corn cup, dan yang paling unik, cup kecil ini sudah di design khusus dengan piring kayu khas mexico.

Menu ketiga sudah semakin berat yaitu salmon dan ayam khas mexico, satu porsi isi dua buah, disajikan seperti sushi, ditaburi mayonnaise, sayuran dan potongan crepes yang padat membuat satu lahapan saja sudah sangat berisi sekali, menurut saya ini menu yang plaing enak di motel mexicola.

Dan terakhir ditutup dengan Chicken Taco! Sebuah crepes ala Mexico yang berisi potongan daging ayam dan sayuran, bisa dimakan dengan menggunakan saos mexico black bean dan tomat iris, menurut saya ini sekedar dari snacks, tapi sudah merupakan menu dinner walaupun tanpa main course. Super kenyaanggg. Minuman nya juga mbak Tika minuman terbaik ala Mexico, seperti jus buah-buahan dicampur dengan fruit punch, yang seger banget untuk cuaca Bali yang cukup panas.

Jangan lupa untuk berfoto di area tangga sebelah kasir yang mempunyai dinding dengan desain interior sangat unik, warna-warni ala pop art mexico. Cukup mengesankan bisa makan masakan mexico di Bali
Dinding Unik Motel Mexicola
3.    Finn Beach Club, Uluwatu

Kalau yang suka private beach dan ingin menikmati pantai yang masih jernih banget dengan pasir putih perawan, Finn beach bisa jadi salah satu alternatifnya. Terletak di kawasan Semara resort Uluwatu, merupakan kawasan villa elite di Bali, 90% yang tinggal di resort ini kebanyakan turis asing, karena harga sewa villa nya bisa mencapai 30juta permalam untuk 1 resort yang terdiri dari 5 villa, bisa diisi sampai dengan 10 orang dewasa.

Untuk mencapai Finn beach, kita masuk dari lobby semara resort, lobby ini berbentuk outdoor lobby sehingga kita bisa memanjakan mata melihat kolam renang di atas tebing dari lobby resort ini. Finn beach terletak dibagian bawah tebing tersebut, sehingga kita perlu menaiki cable car untuk turun ke bawah

Karena ini merupakan private beach tidak sembarang turis bisa kesini, Semara resort mematok harga 250ribu per orang untuk menuju Finn beach, dengan fasilitas: cable car, snorkeling, canoeing, dan semua watersport yang ada dan sudah termasuk juga makan dan minum, Harga ini berlaku dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore. Sedangkan apabila kita ingin menikmati matahari terbenam dan makan malam di Finn beach, kita bisa masuk diatas jam 6 secara gratis. Daerah uluwatu terkenal dengan pesona sunset nya yang sangat istimewa. Dari finn beach ini kita dapat melihat keranuman matahari terbenam dari bewarna jingga hingga merah.

Untuk makanan disini tergolong cukup mahal, kita bisa memilih menu platter untuk dimakan sharing, dan minuman yang sangat khas disini adalah hot nutella chocolate, sangat yummy. Diusahakan untuk naik cable car ke atas lagi sebelum jam 7 malam, karena semakin malam ombak semakin pasang.


Finn Beach


Pesona sunset finn beach

 
Destinasi lain:
1.    La Plancha,Seminyak
      Cocok untuk tempat menunggu sunset dengan suasana café ala gili trawangan, dengan kursi bean bag warna warni dan tenda yang warna warni juga
2.    Laota Seafood
      Menikmati seafood dengan tempat yang sangat terjangkau, terdapat juga bubur khas bali

"Tahiti has been spoiled for many years, but Bali is one of the few cultures with origins in one of the great ancient cultures which is still alive"


Travel Seeker, 2014
Vannesa

0 comments: